10 Makanan Ikan Cupang yang Bergizi Tinggi TERBUKTI

 Kali ini kita akan membahas tentang aneka makanan ikan cupang yang padat nutrisi. Pemberian pola makan yang baik tentunya akan mempercepat proses pertumbuhan dan memastikan tubuh tetap sehat, aktif dan tumbuh dengan cepat.

ikan cupang
foto : ikan cupang

 Ikan cupang adalah hewan yang tidak terlalu peduli dengan masalah adaptasi, sehingga tersedia berbagai macam makanan ikan cupang. Plus, sederhana dan murah untuk membeli makanan. Berikut beberapa contoh makanan ikan cupang yang bermanfaat:

1. Jentik Nyamuk

Cuk, juga disebut sebagai jentik nyamuk, merupakan makanan yang sangat baik untuk ikan cupang. Teman-teman kami yang berpengetahuan mengklaim bahwa jentik nyamuk adalah sumber protein yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang, terutama untuk ikan cupang muda.

Selain itu, jentik nyamuk sangat mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari bak mandi, selokan, sawah, dan tempat lainnya. Nyamuk akan dengan senang hati bertelur di atas air yang tergenang, baik yang bersih maupun yang najis, karena itu sudah pasti.

Larva yang masih berkembang harus diberi sifat seperti berdiri terbalik di permukaan air. Usahakan untuk tidak memberi makan larva kepompong ke ikan cupang karena hal ini dapat menyebabkan perutnya membengkak dan menyebabkan penyakit yang fatal.

Usahakan untuk tidak memberikan jentik nyamuk kepada ikan cupang secara langsung jika Anda mengumpulkannya dari sumber alami seperti selokan atau kolam. Larva ini sering bercampur dengan hewan lain.

Harap tempatkan dalam wadah berisi air es agar terpisah dari larva hewan lainnya. Larva nyamuk biasanya tenggelam tanpa penundaan sementara larva hewan lain biasanya mengapung. Oleh karena itu, mohon keluarkan jentik nyamuk tersebut, bersihkan dengan air bersih, lalu berikan pada ikan cupang.

2. Cacing Sutra

Makanan yang bisa dimakan ikan cupang berikut ini adalah cacing sutera atau Res Water Worms. Lihat saja selokan yang kotor; pasti akan ada kumpulan cacing-cacing ini disana. Menemukan cacing ini sangat sederhana.

Cacing ini perlu dibersihkan secara menyeluruh dengan air bersih sebelum diberikan pada ikan cupang. Ketika penyakit dibiarkan menyebar, ikan cupang berisiko.

Anda harus rajin menjaga kebersihan wadah penyimpanan jika berencana membudidayakannya. Intinya, cacing ini memiliki kecenderungan cepat mencemari air yang mereka tinggali.

3. Cacing Darah

Bloodworm, sebenarnya adalah larva dari Chironomus sp. nyamuk, terlepas dari namanya. Sebagian besar pedagang ikan menjual cacing beku ini. Ada juga yang menjualnya setelah dikeringkan.

Karena cacing darah ini tidak mengandung banyak protein, sebaiknya tidak dimakan secara teratur. Selain itu, ikan cupang biasanya kurang tertarik pada cacing ini, terutama jika sudah dikeringkan. Jadikan cacing ini hanya sebagai pengganti makanan jika Anda kehabisan pilihan lain.

4. Kutu Air

Makanan yang disukai ikan cupang atau burayak adalah kutu air. Biasanya burayak berumur 3 hari mulai mengonsumsi kutu air yang terbawa udara. Namun, karena hanya terdapat sedikit lemak di kuru air ini, hal itu tidak akan mempercepat pertumbuhannya.
Namun, kutu air diduga memiliki kemampuan untuk memperbaiki warna ikan dan memperkuat tulang. Akibatnya, cupang dewasa juga sangat menyukai hewan khusus ini.
Sawah merupakan habitat khas kutu air. Kutu air memiliki umur yang pendek dan sangat sensitif terhadap perubahan suhu air, sehingga sulit untuk tumbuh. Oleh karena itu, kutu air biasanya dijual dengan harga lebih tinggi daripada makanan ikan cupang lainnya.

5. Cacing mikro

 Cacing mikro adalah makanan lain yang sangat baik untuk benih ikan cupang. Ukurannya yang sangat kecil, berkisar antara 0,5 hingga 2 mm, memunculkan nama "mikro". Biasanya burayak akan melihat gerakannya yang gesit dan datang untuk memakannya.

Selain itu, cacing mikro sangat mudah tumbuh. Cukup beli benih microworm dan masukkan ke dalam stoples untuk memulai. Anda hanya perlu menambahkan roti tawar atau oatmeal ke dalam makanan.

Stoples yang mengandung microworm perlu disimpan pada suhu sekitar 26 derajat Celcius. Cacing mikro biasanya tidak bereproduksi dengan cepat dan kualitasnya menurun jika suhu di bawah itu.

6. Artemia

udang
foto : udang

 Udang kecil, yang dikenal sebagai artemia atau air asin, dapat diberikan kepada betta fry, guppy, dan ikan lainnya. Jika Anda kesulitan mencari bahan makanan lain, artemia bisa digunakan sebagai pengganti.

Ikan cupang diberikan artemia yang baru menetas. Karena artemia hanya berukuran 0,4 mm, ikan dapat dengan mudah memakannya. Karena artemia berasal dari rumput laut, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu untuk mengurangi kandungan garamnya.

7. Telur Kuning

kuning telur
foto : kuning telur

 Kuning telur juga bisa digunakan sebagai pengganti makanan ikan cupang untuk remaja dan dewasa. Yang harus Anda lakukan adalah mengukus kuning telur sampai matang sebelum memberikannya secara bertahap kepada ikan cupang. Namun perlu diingat bahwa pemberian kuning telur ini terlalu sering dapat mencemari air dan membahayakan kesehatan ikan.

8. Cuka belut

hewan belut
foto : ilustrasi cuka belut

Spesies belut yang dikenal sebagai cuka belut biasanya berenang di dekat permukaan air. Namun karena ukuran tubuhnya yang mungil, belut ini sulit dilihat dengan mata telanjang. Mirip dengan microworms, cuka belut merupakan tambahan yang bagus untuk ikan goreng. Apel atau cuka sari apel dapat digunakan untuk membudidayakan cuka belut.

9. Guppy Burayak

ikan guppy burayak
foto : ikan guppy burayak

 ikan guppy bisa dijadikan makanan jika Anda memiliki ikan cupang raksasa. Teman-teman yang sudah mencobanya mengklaim bahwa ikan cupang raksasa bisa tumbuh lebih cepat saat diberi makan burayak guppy.

Mengingat benur ikan guppy ini mudah didapat di sawah, parit, dan tempat lainnya, Anda tidak perlu khawatir untuk belajar cara membuat makanan ikan cupang. Karena ikan guppy biasanya melahirkan setiap dua minggu hingga memiliki 20 anak anjing, Anda juga dapat memeliharanya sendiri.

10. Lalat

lalat
foto : hewan lalat

 Lalat menjadi makanan terbaik untuk ikan cupang. Bahkan lalat dianggap sebagai makanan ikan cupang yang kaya nutrisi. Namun, Anda harus terlebih dahulu mencoba untuk mendapatkannya. Cukup berikan satu ikan cupang 2-3 lalat. Namun, sebelum memberi makan lalat ke cupang Anda, pastikan kepalanya sudah lepas.

Anda bisa memberi makan ikan cupang dewasa atau yang masih muda, berbagai macam makanan ikan cupang (gorengan).
Beri makan ikan cupang kesayangan Anda sesering mungkin untuk memastikannya tetap sehat dan bebas penyakit. Anakan ikan cupang dan ikan muda dapat diberi makan dua kali sehari, tetapi orang dewasa hanya perlu diberi makan sekali sehari. Beri makan ikan cupang pada waktu yang ditentukan agar terbiasa dengan pola makannya.

Posting Komentar untuk "10 Makanan Ikan Cupang yang Bergizi Tinggi TERBUKTI"